Kamis, 25 Juni 2009

TIK

.
0 komentar

TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas

Oleh: Prof. Dr. H. Mohamad Surya*

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke ?on line? atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.


http://derafa14.wordpress.com/2009/05/03/ilmu-tik/


Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut ?cyber teaching? atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Menurut Rosenberg (2001; 28), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu: (1) e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi, (2) pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, (3) memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional. Saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based Training), CBI (Computer Based Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop Videoconferencing, ILS (Integrated Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted Classroom), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training), dsb.


readmore »»

TIK

.
0 komentar

PENGGUNAAN TIK Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Dibawah ini akan dipaparkan dampak positif (keuntungan) dan negatif(kerugian) dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan.

A. Dalam Bidang Sosial

1. Keuntungan :

Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi
antara suatu tempat dan tempat yang lain.

Kerugian :Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya

Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.
B. Dalam Bidang Pendidikan

Keuntungan :

Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :

Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
C. Dalam Bidang Ekonomi

Keuntungan :

Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :

Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
D. Dalam Bidang Pemerintahan

Keuntungan :

Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :

Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
Referensi bacaan :

Simplebits.com
Harian KOMPAS


7 Tanggapan ke “Keuntungan dan Kerugian dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”
Pengumpan untuk Entri ini Alamat Jejakbalik

--------------------------------------------------------------------------------

1 meditation1234
15 April 2009 pukul 9:48 am
tulisan yang bagus kang..

blog na sae, ajarkeun atuh kang..

Balas
2 meditation1234
15 April 2009 pukul 10:05 am
kang saya minta ijin nyimpen link blog akang di blog saia ya..

Balas
3 ady
27 April 2009 pukul 11:24 pm
ikut baca gan

Balas
4 iicha
3 Mei 2009 pukul 7:51 am
waduhhh aa’ thx’s banget yah…
dapat inspirasi buat ujian praktek pidato tntang IT besok..
hatur nuwun aa’..

Balas
5 risyana
4 Mei 2009 pukul 1:49 am
@ iicha :
ayo ! do your best.
hebat nih mu pidato

Balas
6 dimas
4 Mei 2009 pukul 10:09 am
thx bngt yach, untuk UAS nich!!

Balas
7 Pasa Firaya, ST
7 Mei 2009 pukul 12:23 am
Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
I Like Relationship.

Balas


Tinggalkan Balasan
Klik di sini untuk membatalkan balasan.
Masuk log sebagai . Keluar log »

Nama

Surat (tidak akan ditampilkan)

Situs web






Notify me of follow-up comments via email.


--------------------------------------------------------------------------------
« Landasan Psikologis dalam PendidikanTugas Arsitektur Komputer [0] : GERBANG LOGIKA »
--------------------------------------------------------------------------------




readmore »»

OPERA HOUSE

.
0 komentar

SYDNEY OPERA HOUSE Sydney Opera House must be one of the most recognisable images of the modern world - up there with the Eiffel Tower and the Empire State Building - and one of the most photographed.

Not only is it recognisable, it has come to represent 'Australia'.

Although only having been open since 1973, it is as representative of Australia as the pyramids are of Egypt and the Colosseum of Rome.

The Opera House is situated on Bennelong Point, which reaches out into the harbour. The skyline of the Sydney Harbour Bridge, the blue water of the harbour and the Sydney Opera House, viewed from a ferry or from the air, is dramatic and unforgettable.
http://www.cultureandrecreation.gov.au/articles/sydneyoperahouse/

Ironic, perhaps, that this Australian icon - the Opera House with a roof evocative of a ship at full sail - was designed by renowned Danish architect - Jorn Utzon (1918–2008).

In the late 1950s the New South Wales (NSW) Government established an appeal fund to finance the construction of the Sydney Opera House, and conducted a competition for its design.

Utzon's design was chosen. The irony was that his design was, arguably, beyond the capabilities of engineering of the time. Utzon spent a couple of years reworking the design and it was 1961 before he had solved the problem of how to build the distinguishing feature - the 'sails' of the roof.

The venture experienced cost blow-outs and there were occasions when the NSW Government was tempted to call a halt. In 1966 the situation - with arguments about cost and the interior design, and the Government withholding progress payments - reached crisis point and Jorn Utzon resigned from the project. The building was eventually completed by others in 1973. After more than 30 years, the Sydney Opera House has its first interior designed by Utzon. The Utzon Room, a transformed reception hall that brings to life Jorn Utzon's original vision for his masterpiece, was officially opened on September 16 2004.

Sydney Opera House facts and figuresThe Sydney Opera house:

Was designed by Danish architect Jorn Utzon
Was opened by Queen Elizabeth II on 20 October 1973
Presented, as its first performance, The Australian Opera's production of War and Peace by Prokofiev
Cost $AU 102,000,000 to build
Conducts 3000 events each year
Provides guided tours to 200,000 people each year
Has an annual audience of 2 million for its performances
Includes 1000 rooms
Is 185 metres long and 120 metres wide
Has 2194 pre-cast concrete sections as its roof
Has roof sections weighing up to 15 tons
Has roof sections held together by 350 km of tensioned steel cable
Has over 1 million tiles on the roof
Uses 6225 square metres of glass and 645 kilometres of electric cable


readmore »»

PIRAMIDA

.
0 komentar


PEMBANGUNAN PIRAMIDA DIBANTU MAKHLUK LUAR ANGKASA
Piramida adalah bangunan modern pada masa purba yang terdapat di Mesir. Bangunan ini disusun bertingkat, makin ke atas makin kecil. Piramida terdiri atas ribuan bongkahan batu. Tiap batu mempunyai berat sekitar dua ton.

Diperkirakan berat sebuah piramida mencapai jutaan ton. Bila dideretkan maka panjang batu pada piramida Cheops, piramida terbesar di Mesir, melebihi panjang pantai Amerika dari utara ke selatan.Bagaimana membuat piramida, berapa lama waktu untuk menyelesaikannya, dan berapa banyak orang yang mengerjakannya?
http://lelosusilo.wordpress.com/2009/06/22/pembangunan-piramida-dan-borobudur-dibantu-makhluk-luar-angkasa/


Sejak lama para pakar masih belum bisa memberikan jawaban memuaskan. Hanya sebagian misteri yang berhasil diungkapkan, antara lain oleh arkeolog Inggris Howard Carter terhadap makam Tutankhamen di dalam sebuah piramida. Carter dan tim ekspedisinya menemukan terowongan berikut tangga yang tersusun rapi dan sejumlah catatan tertulis. Di dalam terowongan itu terdapat makam raja dan keluarganya yang mayatnya sudah diawetkan (mumi). Perhiasan emas, prasasti yang berisi kutukan, dan gambar dinding. Perlu waktu puluhan tahun untuk melakukan ekskavasi di sini.

Eksperimen
Banyak pakar menduga piramida dibangun dari bagian bawah terus ke atas. Tangga naik, untuk meletakkan batu-batu di atasnya, menggunakan punggung bukit. Setelah bagian tertinggi rampung, maka bukit tersebut dipangkas habis. Dengan demikian yang tersisa hanyalah piramida.

Yang masih sukar diperkirakan adalah bagaimana membawa batu seberat dua ton ke atas. Kalau saja, nyawa terancam melayang. lni karena bentuk piramida Mesir sangat landai, tidak berundak sebagaimana piramida Amerika Selatan. Ditafsirkan, piramida dikerjakan selama berpuluh-puluh tahun. Bahan bangunan kemungkinan besar berasal dari sepanjang sungai Nil dan daerah-daerah di sekitar tempat piramida berdiri.

Beberapa tahun lalu pakar-pakar Jepang, Prancis, dan negara-negara maju pemah melakukan eksperimen untuk membuat piramida tiruan. Mereka menggunakan alat-alat berat dan alat-alat modern, termasuk helikopter sebagai alat pengangkut batu.

Pada tahap pertama. mereka mengawalinya dari bagian bawah. Ternyata pembangunan piramida tidak rampung. Begitu pula ketika dimulai dari bagian atas.

Mengapa teknologi masa kini tidak mampu menyaingi teknologi purba? Benarkah pekerja-pekerja Mesir dulu dibantu tenaga gaib para jin dan dewa sehingga berhasil mendirikan bangunan supermonumental itu?

Piramida Mesir tidak dibuat sembarangan. Ada kaidah-kaidah tertentu yang harus ditaati. Pada bagian atas piramida terdapat sebuah lubang. Lubang ini menghadap ke arah matahari terbit. Hal ini tentu dimaklumi karena bangsa Mesir purba menganggap dewa Ra (Matahari) sebagai dewa tertinggi. Uniknya, bila bentuk piramida direbahkan ke atas tanah, maka sudut-sudutnya tepat berada di garis lingkaran. Dengan adanya bentuk demikian disimpulkan bahwa pembangunan piramida direncanakan dengan teliti. Apalagi bayangan matahari pada piramida tadi menunjukkan musim-musim yang ada di tanah Mesir. menyiratkan ada unsur magis pada bangunan itu.

readmore »»

zaman purba

.
0 komentar


TUGU PERINGATAN SUKU MAYA
Para Arkeolog yang bekerja di Guatemala dalam penggalian mereka telah menemukan sebuah tugu yang merupakan tertua yang pernah diketahui, yang menggambarkan wanita penguasa pada kebudayaan Maya kuno, demikian dikatakan pimpinan tim peneliti yang berasal dari Kanada.

http://lelosusilo.wordpress.com/2009/06/23/tugu-peringatan-suku-maya/#more-1645

“Tugu setinggi 2 meter yang terbuat dari batu kapur tersebut, dinamakan Stela, menampilkan sosok seorang wanita yang kemungkinan merupakan seorang penguasa atau dewi,” demikian kata Kathryn Reese-Taylor, arkeolog dari Universitas Calgary.

Stela ini diperkirakan berasal dari akhir abad ke-4 setelah Masehi, membuatnya menjadi 200 tahun lebih tua dari tugu serupa lainnya yang ditemukan terlebih dahulu, lanjut Reese-Taylor. Tim peneliti yang anggotanya dari mancanegara tersebut menemukan stela yang pertama di awal tahun ini. Ia serupa dengan yang biasanya menggambarkan kejadian-kejadian dalam kehidupan para raja.

“Sungguh unik karena menunjukkan sosok wanita pada masa awal sejarah suku Maya. Suatu periode dimana kota, negara baru didirikan dan dinasti-dinasti baru sedang dibentuk,” kata Reese Taylor.

Para arkeolog menemukan stela tersebut pada situs Naachtun, sebuah kota Maya 90 km (55 mil) di sebelah utara Tikal, sebuah situs yang lebih dikenal. Stela dikubur di dalam bangunan kuno, dan beberapa prasastinya telah dirusak, menimbulkan dugaan sebagai akibat sebuah serangan terhadap kota itu, yang kemungkinan dilakukan oleh tentara dari Tikal pada akhir abad ke-5.

“Hal mana adalah lazim … bahwa mereka merusak atau menghancurkan stela. Tetapi satu hal yang tertinggal pada Stela ini adalah nama dari individu, dan itu adalah nama seorang wanita,” kata Reese-Taylor. Nama itu diterjemahkan menjadi Tuan Putri Pemisah.

Para peneliti tidak mengganggap budaya Maya menganut garis ibu (matriarkal), tetapi penemuan Stela baru-baru ini menunjukkan, bahwa wanita telah memainkan peranan penting dalam pembentukan masyarakat.

Rencananya, tim akan kembali ke situs untuk membuat cetakan tugu tersebut dan mulai mempelajari gambar-gambar yang menemani sosok tersebut, termasuk seorang dewa kelahiran dengan sayap yang berlekuk-lekuk. “Terdapat banyak simbol yang harus kita interpretasikan dan itu akan memberikan gambaran pada kita tentang status yang dimiliki wanita tersebut – mungkin posisi politis dari seorang pendiri dinasti. Saat ini merupakan anggapan saya yang terbaik,” kata Reese-Taylor. (epochtimes)*

Sumber : erabaru.or.id






readmore »»

Selasa, 16 Juni 2009

MUSIM

.
0 komentar

MUSIM SEMI Musim semi adalah satu dari empat musim di daerah nontropis, peralihan dari musim dingin ke musim panas.

Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni , sementara di belahan selatan bumi musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember.
http://id.wikipedia.org/wiki/Musim_semi

MUSIM PANAS
Musim panas adalah salah satu musim di negara berhawa sedang. Tergantung letak sebuah negara, musim panas dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda.

Di belahan utara bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September, sementara di belahan selatan bumi musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret.

Di banyak negara, musim panas adalah musim liburan sekolah. Pada musim ini orang-orang suka pergi ke pantai untuk berjemur. Selain itu, pada musim panas buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan umumnya sedang pada masa pertumbuhan penuhnya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Musim_panas

MUSIM DINGIN
Musim dingin atau musim salju ialah saat paling dingin di bumi. Merupakan salah satu dari 4 musim di negeri-negeri yang beriklim subtropis dan sedang.

Di belahan utara bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret, sementara di belahan selatan bumi musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September.
http://id.wikipedia.org/wiki/Musim_dingin





.
.



readmore »»

MUSIM GUGUR

.
0 komentar

Musim gugur adalah salah satu dari empat musim di daerah beriklim sedang, masa peralihan dari musim panas ke musim dingin.

Dalam zona beriklim sedang, musim gugur adalah musim di mana kebanyakan tumbuhan ditunai, dan pohon deciduous melepas daun-daun mereka. Dia juga merupakan musim di mana hari-hari bertambah pendek dan dingin (terutama di latituda utara), dan peningkatan presipitasi di beberapa bagian dunia.
http://id.wikipedia.org/wiki/Musim_gugur


Di belahan utara bumi, musim gugur dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember, sementara di belahan selatan bumi musim gugur dimulai sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni.

Secara Astronomi,Bumi mulai dengan equinox autumnal dan berakhir pada titik balik matahari.Namun, meteorologis menghitung bulan-bulan September, Oktober, dan November di belahan Utara dan Maret, April, dan Mei di belahan Selatan sebagai musim gugur. Suatu pengecualian definisi ini ditemukan di Kalender Irlandia di mana mereka masih mengikuti putaran Keltik, di mana musim gugur dihitung dari bulan-bulan Agustus, September, dan Oktober.

Meskipun hari-hari mulai memendek di bulan Juli atau Agustus di latituda utara dan dalam bulan Januari dan Februari di selatan, biasanya pada September atau Maret matahari terbenam lebih awal.


Di banyak negara musim semi merupakan awal dari tahun sekolah, karena mereka biasanya mulai pada awal September atau awal Maret tergantung dari latituda.


readmore »»
 

Followers